Kamis, 27 Maret 2014

Efek Buruk Begadang

Image and video hosting by TinyPic


"Begadang jangan begadang, kalau tak ada artinya, begadang boleh saja.. Kalau ada perlunya".


Gue setuju banget sama itu lagu, yang biasa di nyanyiin oleh Haji Rhoma irama.
Dan menurut penelitian, efek samping begadang itu lumayan buruk Bro.
Ya ini ada beberapa efek buruk itu:


1. Depresi yang Tinggi
Studi pada Februari 2013 yang dilakukan oleh University of Surrey di Inggris menyatakan, jika jam tidur yang kurang dari 6 jam dapat mengganggu gen dalam tubuh yang mengatur depresi. Hal yang dapat dilakukan adalah melakukan meditasi selama 5 menit, lalu peregangan otot, atau dengan melakukan yoga.


2. Sulit berpikir jernih
Ketika merasa sulit berpikir jernih saat kurang tidur, terutama saat bekerja di kantor, atau aktivitas lainnya, hal itu disebabkan karena efek negatif dari kurang tidur dimalam hari mempengaruhi kemampuan seseorang untuk belajar dan mengingat informasi baru. Hal ini dikemukakan oleh Janet Kennedy, PhD, seorang psikolog klinis dan spesialis tidur di New York.

3. Daya tahan rendah
Kelelahan dapat menyebabkan Anda mudah terserang penyakit. "Para ilmuwan menemukan bahwa orang-orang yang tidak mendapatkan tujuh hingga delapan jam tidur memproduksi antibodi lebih sedikit. Hal ini menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh tidak sekuat ketika Anda fit," ujar Dr Shives. Makan makanan yang bergizi dan mematikan lampu rumah dapat memberikan sinyal pada tubuh untuk segera beristirahat.


4. Perubahan berat badan
Sulit tidur memiliki efek negatif pada berat tubuh Anda, yang mungkin menyebabkan penurunan berat badan, tetapi lebih sering penambahan berat badan. Kurang tidur berdampak negatif terhadap kadar hormon dalam tubuh. Secara khusus, hormon leptin dan ghrelin, yang memainkan peran penting dalam kelaparan dan nafsu makan, dapat menjadi tidak seimbang. Ghrelin merangsang tubuh untuk makan, sedangkan leptin memainkan peran dalam menceritakan kepada tubuh bahwa Anda sudah kenyang. Menurut situs Sleep Deprivation, kurang tidur menyebabkan tingkat ghrelin meningkat dan tingkat leptin menurun, yang sering mengakibatkan makan berlebihan dan kenaikan berat badan.


5. Konsentrasi menurun
Tidur yang baik memainkan peran penting dalam berpikir dan belajar. Kurang tidur dapat mempengaruhi banyak hal. Pertama, mengganggu kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Hal ini membuat belajar menjadi sulit dan tidak efisien. Kedua, siklus tidur pada malam hari berperan dalam “menguatkan” memori dalam pikiran. Jika Anda tidak cukup tidur, Anda tidak akan mampu mengingat apa yang Anda pelajari dan alami selama seharian.


Sebenarnya nggak ada gunanya atau sesuatu yang lebih penting saat begadang, dan sebaiknya kalo udah keseringan begadang mendingan di ubah kebiasaan tersebut, dari pada kena penyakit, hehehe..
Oke semoga bermanfaat.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar