Rabu, 19 Maret 2014

Fakta-Fakta Unik Tentang Tidur

Image and video hosting by TinyPic


Sleep, Lo tau Sleep?, sleep itu sejenis makanan kaleng *plak*, hahaha pastinya udah tau semua yang namanya sleep alias tidur.
Oke kali ini gue akan bahas mengenai tidur.


Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Itu katanya Om/Mbak Wikipedia


Yaudah!! Ini dia fakta-fakta unik mengenai tidur. Ok, check this out..


1. Hirup aroma bunga untuk tidur yang lebih baik
Jurnal Science yang melakukan penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang menghirup aroma bunga mawar saat tidur bisa meningkatkan memori atau kenangan. Beristirahat yang cukup juga bisa meningkatkan keadaan mental seseorang. Untuk membuat lebih rileks, menghirup aroma lavender atau melati bisa membuat tubuh lebih santai dan pikiran lebih damai, sehingga tidur akan lebih terasa enak.


2. Produksi kolagen di kulit meningkat
Kolagen adalah protein yang berfungsi memperkuat pembuluh darah dan memberi elastisitas pada kulit. Pasalnya ketika seseorang tidur, orang itu akan berada dalam keadaan berpuasa sehingga hormon pertumbuhannya dilepaskan untuk memberitahukan sel-sel lemak agar melepaskan cadangan energinya, tapi ternyata hormon pertumbuhan juga merangsang produksi kolagen.


3. Bertambah tinggi badan
"Piringan sendi di tulang belakang yang berfungsi sebagai alas di antara tulang-tulang terhidrasi kembali dan membesar karena berat badan tubuh tidaklah menekan mereka, seperti halnya ketika berdiri," terang dari Dr. Breus. Apalagi jika alas tidur anda merupakan matras yang keras, menurut Dr.Breus, tidur miring dengan posisi meringkuk seperti janin dalam rahim adalah posisi tidur terbaik untuk menambah tinggi badan karena ini mengurangi beban di punggung.


4. Tidur Hewan
Binatang yang paling lama tidur dalam sehari adalah koala, selama 22 jam. Sebaliknya, hewan jerapah merupakan binatang paling sedikit tidur dalam satu hari, yaitu selama1,9 jam. Khusus untuk ikan lumba-lumba, ketika tertidur hanya separuh dari otak mereka yang tertidur. Separuh lainnya tetap terjaga untuk membantu sistem pernafasan.


5. Wanita butuh waktu tidur lebih dari pria
Berdasarkan pakar kesehatan tidur, Jim Horne, wanita membutuhkan waktu tidur lebih banyak sekitar 20 menit karena wanita lebih banyak mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Mereka juga lebih fleksibel sehingga mereka lebih banyak menggunakan otaknya untuk bekerja dari pria.


Semoga informasi diatas bermanfaat, ..

2 komentar:

  1. Kalau ikan gimana gan, sepertinya gak pernah tidur ya

    BalasHapus
  2. Keliatannya doang nggak tidur gan, tapi sebenarnya ikan itu juga tidur walau dengan mata terbuka.

    Tapi ada kok ikan yang tidur + bisa nyanyi, (ikang fauzi), hehehe..

    BalasHapus