Senin, 31 Maret 2014

Fakta-Fakta Menarik Tentang Ubur-Ubur

Kali ini gue akan posting tentang fakta-fakta menarik tentang ubur-ubur.
Daripada kebanyakan ngomong, mending langsung aja baca, ini dia:


Image and video hosting by TinyPic

  1. Tubuh ubur-ubur terdiri dari tiga lapisan, yaitu Lapisan luar disebut epidermis, lapisan dalam yang melapisi rongga gastrovascular disebut gastrodermis, dan lapisan tengah terdiri dari zat tebal yang disebut mesoglea.

  2. Medusa adalah istilah lain ubur-ubur yang hidupnya di Yunani, Finlandia, Portugis, Rumania, Ibrani, Serbia, Kroasia, Spanyol, Perancis, Italia, Hungaria, Polandia, Ceko, Slowakia, Rusia dan Bulgaria.

  3. Ubur-ubur tidak memiliki sistem pernafasan karena kulit mereka cukup tipis dan bahwa tubuh mereka telah berisi oksigen melalui difusi.

  4. Karena ubur-ubur bukanlah merupakan spesies dari ikan, kadang banyak terdapat anggapan yang keliru tentang ubur-ubur, oleh karenanya American Public Aquariumsk telah mempopulerkan penggunaan istilah jeli laut (sea jellies) sebagai gantinya.

  5. Istilah “bloom” atau “swarm” pada umumnya adalah sebutan untuk sekelompok atau sekawanan ubur-ubur.

  6. Ubur-ubur tidak mempunyai otak atau
    sistem saraf pusat, tetapi ubur-ubur
    memiliki jaringan saraf yang longgar, yang
    terletak di epidermis, yang juga disebut
    sebagai “jaring saraf”.

  7. Ubur-ubur memiliki sistem reproduksi yang unik, yaitu baik yang berjenis kelamin laki laki maupun dan perempuan akan melepaskan sperma dan telur ke dalam air sekitarnya, dimana telur yang telah dibuahi dan tumbuh menjadi organisme baru.

  8. Ubur-ubur terdiri dari lebih dari 90% air. Sebagian besar massa bagian payung mereka adalah bahan agar-agar (jeli) yang disebut mesoglea, yang dikelilingi oleh dua lapisan sel yang membentuk payung (permukaan atas). Sedangkan bagian permukaan bawah tubuhnya dikenal dengan sebutan “bel”.

  9. Ubur-ubur memiliki racun yang paling mematikan dan telah menyebabkan setidaknya 5.568 kematian sejak 1954. Setiap tentakel memiliki sekitar 500.000 harpun sindasites yang berbentuk jarum yang menyuntikkan bisa ke korban.

  10. Ubur-ubur bergerak dengan sistem seperti propulsi jet, yaitu ketika bergerak maju, ubur-ubur menghisap air ke dalam bel kemudian menyemprotkan keluar ke belakang, menciptakan sebuah propulsi jet air yang mendorong tubuh mereka maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar