Rabu, 26 Maret 2014

Jenis-Jenis Pelangi yang Indah

"Habis hujan timbulah pelangi". Hahaha.. Janggal banget kedengarannya, niatnya sih buat kayak judul buku kartini "habis gelap terbitlah terang". Tapi serius, gue nggak ngomong tentang itu. :v


Tau pelangi? Ya pasti tau, siapa sih yang nggak pernah liat pelangi? Kalo adapun kasian amet tu orang, hahaha.. Sebenarnya pelangi itu nggak cuma yang itu-itu aja yang biasa kita lihat abis hujan yang bentuknya setengah lingkaran, tapi sebenarnya ada banyak.
Oke, langsung aja ini dia, jenis-jenis yang indah, lets go!!


Secondary Rainbows


Image and video hosting by TinyPic


Pelangi ini adalah pelangi yang memiliki dua pelangi yang diantaranya adapelangi primer dan sekunder, pelangi primer sering disertai dengan pelangi sekunder biasanya tipis dan redup daripada pelangi primer. Pelangi sekunder terkenal dengan karakteristik tertentu, spektrum ditampilkan dalam urutan terbalik dari sebuah pelangi primer.


Circular Rainbows


Image and video hosting by TinyPic


Pelangi itu benar-benar terlihat seperti busur lingkaran sempurna (dengan radius tepat 42 derajat, menurut Descartes), pelangi ini biasa terlihat mengelilingi matahari. Meskipun melihat pelangi ini sulit karena tanahnya memiliki kebiasaan menghalangi.


Red Rainbows


Image and video hosting by TinyPic


Red Rainbows adalah pelangi yang unik, biasanya terlihat saat fajar atau senja ketika ketebalan filter atmosfir bumi menjadi biru, terlihat lebih merah atau seperti tetesan cahaya oranye mencerminkan dan membiaskan air. Hasilnya adalah pelangi dengan spektrum ujung merah.


Fire Rainbows


Image and video hosting by TinyPic


Dikatakan fire rainbow, mungkin karna bentuknya yang kayak api.
Dan elangi ini bukan dihasilkan dari api, nama untuk kesan optik yang indah ini adalah “circumhorizontal arc”. Fenomena ini hanya dapat dilihat dalam keadaan spesifik tertentu: awan cirrus, yang bertindak seperti prisma setidaknya berada di ketinggian 20.000 kaki dan matahari harus tidak kelihatan ketika berada di ketinggian 58-68 darjah. Rainbow Fire tidak pernah kelihatan di lokasi lebih dari 55 darjah utara atau selatan.


Moonbows


Image and video hosting by TinyPic


Moonbows adalah mitra untuk pelangi lunar. Pelangi ini juga jauh lebih sukar dilihat kerana berlaku selepas hujan berlalu dan bulan purnama yang terang tidak terhalang oleh awan.


Semoga bermanfaat.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar