Rabu, 19 Maret 2014

Review Film: Grave of the Fireflies Download

Film lama (1988) dengan pesona yang selalu baru, ya.. Gue bakal kasi ke film ini yaitu film Grave of the fireflies.
Film ini sangat mengharukan, walaupun film ini bergenre animasi jepang alias anime.
Yaudah langsung aja ini dia sedikit rincian tentang film ini:


Image and video hosting by TinyPic


Title: Grave of the Fireflies/ Hotaru no haka (火垂るの墓 )
Directed: Isao Takahata
Produced: Toru Hara
Written: Isao Takahata


Sinopsis:
Kilas balik dimulai dengan armada pembom Amerika B-29 Superfortress terbang di atas kota Kobe. Setsuko dan Seita, dua saudara yang tinggal untuk mengamankan rumah dan barang- barang mereka, sehingga ibu mereka yang menderita lemah jantung bisa pergi lebih dulu ke tempat perlindungan bom. Mereka terkepung oleh ribuan rudal, berjatuhan dan menimbulkan kebakaran besar yang dengan cepat menghancurkan lingkungan mereka dan sebagian besar kota. Meskipun mereka bertahan hidup tanpa cedera, ibu mereka terkena serangan udara dan terbakar secara mengerikan. Dia dibawa ke klinik darurat di sebuah sekolah, namun meninggal tak lama kemudian.


Tidak memiliki tempat lain untuk berteduh, Setsuko dan Seita tinggal dengan bibi jauh mereka. Mereka menerima Setsuko dan Setia tinggal dan menyuruh Seita untuk menjual kimono ibunya untuk membeli beras. Meskipun tinggal dengan kerabat mereka, Seita pergi keluar untuk mengambil sisa persediaan yang ia pendam di tanah sebelum pengeboman. Dia memberikan semua itu kepada bibinya, namun menyembunyikan kaleng permen buah, yang menjadi benang merah sepanjang film. Bibi mereka terus melindungi mereka, tetapi ia mengurangi jatah makanan mereka akibat perang yang tak kunjung usai.


Seita dan Setsuko akhirnya memutuskan untuk pindah ke suatu tempat di pinggir danau kecil untuk berlindung. Mereka menangkap kunang- kunang di tepi danau dan melepasnya di dalam gubug tempat mereka berlindung sebagai cahaya. Keesokan harinya Setsuko menemukan mereka semua mati. Dia menggali kuburan untuk kunang-kunang itu dan menguburnya, menanyakan mengapa mereka harus mati, dan mengapa ibunya harus mati. Kehidupan mereka semakin suram karena mereka kehabisan beras, dan Seita terpaksa mencuri dari petani lokal untuk bertahan hidup. Ketika tertangkap, ia putus asa, ditambah lagi adiknya sakit. Ia membawa Setsuko ke dokter dan dokter memberitahu kepadanya bahwa Setsuko menderita gizi buruk tetapi tidak menawarkan bantuan.


Dalam kepanikan, Seita menarik semua uang yang tersisa di rekening bank ibu mereka. Saat ia meninggalkan bank, dia bingung ketika mendengar kerumunan orang yang membicarakan Jepang telah menyerah tanpa syarat kepada Sekutu dan bahwa ayahnya, seorang kapten di Angkatan Laut Kekaisaran Jepang yang telah berjanji kepadanya bahwa Jepang tidak pernah bisa dikalahkan, mungkin sudah mati. Dia kembali ke tempat penampungan dengan membawa banyak makanan, namun terlambat, Setsuko sedang sekarat menghadapi maut karena kelaparan. Seita bergegas untuk memasak, namun Setsuko tak tertolong lagi. Seita menggunakan pasokan yang disumbangkan oleh petani sekitar untuk mengkremasi Setsuko, dan menempatkan abunya di kaleng permen. Ia memegang erat kaleng dan selembar foto ayahnya, hingga ia mati kekurangan gizi di Sannomiya Station beberapa minggu kemudian.


Dalam adegan akhir film, roh Seita dan Setsuko terlihat sehat, berpakaian rapi dan bahagia. Mereka duduk bersama, dikelilingi oleh kunang-kunang, melihat kota modern Kobe dari atas awan.


Kesan:
Walaupun ini film cukup tua, dan genrenya anime/animasi, buat gue film ini nggak akan termakan usia alias gue nggak bakalan pernah bosan ama film ini.
Film ini ngingatin gue pada perang dunia dulu yang saat Jepang masih ngejajah negara kita, gue sebenarnya benci akan hal itu, tapi difilm ini negara jepang juga sepertinya merasakan derita yang sama, soalnya backround film ini diambil dari kejadian nyata di perang dunia II.
Buat ceritanya sih bener-bener bikin haru apa yang dialaui dua saudara ini melewati dan menjalani hari-harinya untuk hidup.
Gue nggak bisa berkata-kata lagi deh buat film ini, and buat kalian yang baca postingan ini, gue saranin buat download, linknya dibawah ini:


DOWNLOAD


oke, selamat menonton..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar