Rabu, 16 April 2014

Penyakit Yang dapat disebabkan oleh Lalat

Image and video hosting by TinyPic


Lalat adalah jenis serangga yang berasal dari subordo Cyclorrapha ordo Diptera. Secara morfologi lalat dibedakan dari nyamuk (subordo Nematocera) berdasarkan ukuran antenanya; lalat berantena pendek, sedangkan nyamuk berantena panjang.



Yaudah langsung aja ini dia jenis penyakit yang dapat disebabkan lalat:



Calabar (calabar swelling)

Calabar swelling merupakan penyakit yang sebabkan oleh cacing loa-loa. Gelaja penyakit ini adalah pembengkakan jaringan adan terjadi benjolan sebesar telur ayam. Vektor cacing ini adalah lalat tabanid genus chrysops.

Upaya pencegahan dengan menghindari gigitan, pemberantasan serangga dan pengobatan penderita.



Estamoeba dysenteriae

Entamorba hestolyca adalah Organisme yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia, kucing, anjing dan babi. Vektornya adalah musca domestica (lalat rumah) dan kecoa. Penularan terjadi karena makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh kista yang dibawa oleh vektor. Gejala yang dapat ditmbulkan antara lain; sering buang air besar, fesesnya sedikit-sedikit dengan lendir dan darah, dan biasanya disertai rasa sakit diperut (kram perut), dan biasanya tidak demam.

Upaya pencegahannya dengan perbaikan sanitasi lingkungan, dan pencegahan kontaminasi makanan, pembasmian vektor serta perbaikan cara pembuangan kotoran yang baik serta cuci tangan setelah defakasi.



Sleeping sickness (penyakit tidur)

Sleeping sickness merupakan penyakit yang disebabkan oleh golongan protozoa trypanosoma gambiense. Vektornya adalah lalat glossina sp. Gejala meliputi tiga fase, yaitu:

fase (1) dimana Trypanosoma gambiense berada dalam tubuh,

fase (2) dimana berada dalam jaringan dan,

fase (3) berada dalam susunan syaraf.

Penyakit yang ditimbulkan adalah radang pada tempat gigitan dan diikuti dengan adanya tonjolan. Bila infeksi tonjolan mengenai mata, dapat menyebabkan kebutaan.

Upaya pencegahan dengan menghindari gigitan, pemberantasan nyamuk dan pengobatan penderita.



Semoga infonya bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar